Tanya Jawab Lepidium

>> Senin, 10 Agustus 2009

1. Apakah Lepidium Peruvianum itu ?

Lepidium Peruvianum (atau Lepidium meyenii atau Maca) adalah tanaman yang tumbuh secara alami pada 11.000 – 14.500 kaki di atas permukaan laut, di pegunungan Andes , Peru. Tanaman ini telah digunakan berabad-abad lamanya sebagai tanaman obat.Terdapat lebih dari 175 genus lepidium di seluruh dunia, tapi jenis Lepidium Peruvianumlah yang paling berkhasiat.

2. Apakah perbedaan Lepidium Peruvianum dengan Lepidium Meyenii?

Lepidium Peruvianum dan Lepidium Meyenii merupakan tanaman yang sama. Jadi anda tak perlu bingung bila ada laporan yang berbeda dari dua nama tersebut. Nama lain yang sering dipakai adalah ”Maca”

3. Apakah kandungan nutrisi dari Lepidium Peruvianum?

Lepidium Peruvianum adalah tanaman dengan kandungan nutrisi yang sangat bernilai. Wajar kalau disebut sebagai makanan super. Bagian akar Lepidium mengandung sekitar 60 lebih fitonutrisi, suatu produk yang memberikan planet ini untuk kehidupan yang lebih baik, untuk saat ini dan yang akan datang.

Lepidium Peruvianum mengandung protein (dalam bentuk polipeptida) 11% dari berat akar kering. Kalsium mencapai 10% dari jumlah mineral yang dikandungnya. Magnesium dan kalium juga terdapat didalam akar Lepidium Peruvianum dalam jumlah yang signifikan. Mineral lainnya meliputi zat besi, silica dan trace mineral yodium, mangan, seng , tembaga dan sodium. Vitamin yang dikandungnya adalah tiamin, riboflavin, dan asam askorbat. Asam aminonya meliputi asam aspartat, asam glutamat, serin, histidin, glisin, threonin, sistin, alanin, arginin,tirosin, phenilalanin, valine, methionin, lisin, triptohan, rolin , horolin dan sarkosin. Tanaman ini mengandung asam lemak, alkoloida, tanin, glukosinolat , isotiosianat, dll

4. Berapa dosis Lepidium Peruvianum yang dianjurkan ?

Minumlah secara rutin 1200-2400 mg per hari, dan untuk kasus kronis atau berat bisa ditingkatkan dosisnya hingga 3600 mg/hari. Lepidium Peruvianum aman dikonsumsi hingga 5000 mg/hari.

5. Apakah ada efek samping mengkonsumsi Lepidium Peruvianum?

Lepidium Peruvianum adalah tanaman yang telah digunakan sebagai makanan dan tanaman obat secara turun temurun selama berabad-abad lamanya untuk menjaga kesehatan di Amerika Selatan. Efek samping adalah sesuatu yang tidak lazim atau dengan kata lain tidak ada efek samping menggunakan Lepidium Peruvianum. Sejauh ini hanya ada yang melaporkan sakit kepala saat awal penggunaan Lepidium Peruvianum, yang terkait dengan ketidakseimbangan hormonal, tapi gunakan saja terus Lepidium Peruvianum, biasanya akan hilang dengan sendirinya bila hormonal sudah mulai diseimbangkan (di minggu awal penggunaan).

6. Apa yang dimaksud dengan proses "Gelatinized Lepidium Peruvianum"?

"Gelatinized Lepidium Peruvianum", suatu proses untuk mendapatkan zat pati dari akar Lepidium Peruvianum, agar didapatkan molekul pati (tepung) yang lebih kecil dengan tetap menjaga keutuhan zat aktifnya,sehingga lebih mudah larut dan digunakan oleh tubuh.

7. Apa yang dimaksud Organic Lepidium Peruvianum?

Lepidium Peruvianum yang ditanam dan diolah secara organik, bebas dari bahan kimia dan pestisida.

8. Saya sedang minum obat dokter, bolehkah saya minum Lepidium Peruvianum?

Lepidium Peruvianum adalah produk alami, tidak bertentangan dengan obat anda, walaupun demikian anda perlu mempertimbangkan koondisi anda, sebelum mengkonsumsi Lepidium Peruvianum. Jika anda sedang mempunyai masalah kesehatan serius, silahkan hubungi praktisi kesehatan anda sebelum mengkonsumsi Lepidium Peruvianum.

9. Apakah Lepidium Peruvianum dapat menyebabkan penambahan berat badan?

Lepidium Peruvianum memang mengandung karbohidrat, tapi Lepidium Peruvianum juga dikenal juga untuk meningkatkan energi, yang akan memicu pembakaran kalori. lebih lanjut, Lepidium Peruvianum juga berperan didalam pengaturan hormon, jadi dia juga mengatur kortisol, suatu hormon yang mempengaruhi penurunan berat badan. Jadi dengan mengkonsumsi rutin Lepidium Peruvianum tidaklah akan menambah berat badan anda, tapi justru akan menormalkan berat badan, bahkan membantu menurunkan berat badan bila berat badan anda berlebih. Simak artikel penurunan berat badan di http://www.slimxpress.blogspot.com

10. Apakah manfaat umum Lepidium Peruvianum bagi wanita?

Telah diketahui Lepidium Peruvianum akan menyeimbangkan hormonal tubuh (gangguan menstruasi,dll), mengurangi gejala menopause, memperbaiki gairah seks, meningkatkan kesuburan, mmeningktakan energi, stamina dan penampilan atletik dan bermanfaat untk masalah kulit seperti jerawat, dll

11. Apakah manfaat umum Lepidium Peruvianum bagi pria?

Telah diketahui Lepidium Peruvianum akan menyeimbangkan hormonal (termasuk menopause pria), meningkatkan jumlah hitung sperma, meningkatkan kesuburan, perbaikan impotensi, mengatasi disfungsi ereksi, sebagai aprodisiak, meningkatkan energi, stamina dan penampilan atletik,dll

12. Apakah anak-anak boleh mengkonsumsi Lepidium Peruvianum?

Dr. Gloria Chacon beserta asistennya Dr. Jorge Aguila Calderon dan Dr. Freddy Madrid Gironda telah melakukan uji pemberian Lepidium Peruvianum pada anak-anak di Peru, dalam jangka waktu tertentu , hasilnya serupa dengan yang diberikan pada orang dewasa. Anak-anak yang mempunyai masalah pemusatan pikiran dan perhatian, dapat diatasi dengan pemberian Lepidium Peruvianum, yang merupakan produk yang sangat aman.

13. Apakah Lepidium Peruvianum dapat mengatasi gangguan seputar menstruasi ?

Beragam gangguan menstruasi sering dialami wanita diantaranya menstruasi tidak teratur, tidak menstruasi, nyeri menjelang menstruasi ,PMS, pendarahan menstruasi yang terlalu banyak atau sedikit dari biasanya). Penyebab pastinya terus diselidiki. Gangguan keseimbangan hormonal seringkali diyakini sebagai penyebab gangguan tersebut, disamping kurangnya nutrísi. Lepidium Peruvianum dengan bahan aktifnya (alkaloida) dan nutrís kualitas tinggi yang dikandungnya berperan merangsang kelenjar-kelenjar dalam sistem endokrin untuk menormalkan sistem hormon.

14. Berapa lama, saya akan merasakan efek dari penggunaan Lepidium Peruvianum terhadap kasus gejala menopause?

Jangka waktu berebda-beda tergantung dari derajat keparahan atau gejala anda. Bagaimanapun, kebanyakan wanita sudah merasakan perbedaan di minggu awal, dan akan merasakan perbedaan yang jelas di minggu ketiga.

15. Saya sedang menjalani terapi hormon pengganti, dapatkah saya mengkonsumsi Lepidium Peruvianum?

Ya. Lepidium Peruvianum tidak bertentangan dengan terapi yang sedang anda jalani, namun bagaimanapun jika anda sedang menggunakan terapi hormon pengganti anda akan mendapatkan efek samping dari terapi tersebut seperti tidak nafsu makan , sakit kepala, dll, jadi lebih baik menunggu setelah penggunaan terapi hormon pengganti tersebut, baru menggunakan Lepidium Peruvianum, atau hubungi praktisi kesehatan anda.

16. Apakah Lepidium Peruvianum dapat digunakan untuk tujuan pemeliharaan kesehatan secara umum?

Disamping Lepidium Peruvianum populer sebagai tanaman penyeimbang hormon, Lepidium Peruvianum juga kaya akan nutrisi.Sebagai contoh, Lepidium Peruvianum mengandung jumlah yang signifikan terhadap asam amino, serat, kalium, kaslium, magnesium, Posfor, zat besi, dan seng. Tinggi kandungan mineral akan sangat baik buat tubuh kita untuk menyokong kegiatan selular tubuh. Banyak dokter yang memberikan pasiennya dengan Lepidium Peruvianum mencatat, bahwa daya tahan pasiennya menjadi lebih kuat, dan juga meningkatkan kemampuan fisik dan mental serta memperkuat organ reproduksi. Fungsinya sebagai adaptogen, adalah wajar bila kita mengkonsuminya untuk mencapai kesehatan umum. Lebih berenergi, daya tahn tubuh kuat dan tidak mudah terkena stress atau tekanan baik fisik maupun mental.

17. Berapa dosis yang terbaik untuk saya, karena saya ingin menggunakan Lepidium Peruvianum untuk tujuan menjaga kesehatan yang lebih baik?

Banyak orang yang menggunakan Lepidium Peruvianum untuk tujuan mencapai kesehatan yang optimal. Lepidium Peruvianum, disamping bermanfaat didalam menjaga keseimbangan hormon, dia juga sebagai produk yang kaya akan nutrisi , kaya vitamin, mineral seperti kalsium, dan nutrsi penting lainnya, jadi Lepidium Peruvianum dapat berperan untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Seseorang yang menggunakan Lepidium Peruvianum untuk tujuan kesehatan umum tidak perlu menggunakan sesuai dengan dosis harian, misal mengkonsumsinya selang sehari atau seminggu 3 kali saja.

Banyak orang yang menggunakan Lepidium Peruvianum untuk tujuan tertentu (seperti gangguan hormonal, gangguan menstruasi, hilangnya gairah seks, dll), dalam hal ini mereka menggunakannya secara bertahap,misal mulai dari dosis 1000-1500 mg per hari hingga 4500-5000 mg per hari dan bila keseimbangan hormonalnya sudah tercapai (sekurang-kurangnya 6 bulan hingga setahun) dapat dikurangi penggunaanya secara perlahan pula. Lepidium Peruvianum dapat dikonsumsi hingga 4500-5000 mg per hari.Dosis dan jangka waktu pemakaian Lepidium Peruvianum bisa berbeda tergantung derajat keparahan.

18. Bagaimana Lepidium Peruvianum membantu meningkatkan libido seks ?

Lepidium Peruvianum membantu meningkatkan libido seks dengan cara menyeimbangkan hormon.diusia dewasa atau semakin bertambah umur maka hormon seks menurun. Gaya hidup yang kurang baik, termasuk diet yang tidak seimbang, merokok dan kurangnya olahraga menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Lepidium Peruvianum membantu tubuh kita secara alami untuk memproduksi dan menyeimbangkan hormon. Hasilnya, libido seks mengalami peningkatan yang signifikan.

19. Apakah Lepidium Peruvianum berpengaruh pada libido (gairah) seks remaja?

Tidak. Lepidium Peruvianum hanya mempengaruhi libido seks ketika hormon seks menurun, contohnya pada :
• Pria dan Wanita Dewasa
• Wanita menopause (atau mendekati menopause)
• Pria dan wanita setelah operasi terkait organ reproduksi
• Pria dan wanita yang pernah mengalami kanker payudara, kanker organ reproduksi atau kanker prostat
• Pria dan wanita yang pernah mengalami masalah tiroid
• Pria dan wanita yang sedang menggunakan obat medis tertentu

Kebanyakan remaja, diusianya, mengalami peningkatan hormon dibanding penurunan. Meskipun demikian Lepidium Peruvianum sangat dibutuhkan oleh remaja untuk menyeimbangkan masalah hormon jadi tidak berpengaruh pada gairah seks. Lebih lanjut Lepidium Peruvianum membantu mengatasi masalah kulit remaja terkait dengan hormonal seperti jerawat, perasaaan kacau atau gelisah (mood swing), gangguan menstruasi, dan memberikan nutrisi yang berkualitas tinggi seperti vitamin. bagi beragam masalah kesehatan tubuh meliputi kesuburan, energi, kesehatan kulit, dll

20. Bagaimana Lepidium Peruvianum berpengaruh terhadap kesuburan?

Manfaat Lepidium Peruvianum sebagai tanaman yang membantu kesuburan sudah tidak diaragukan lagi. Lepidium Peruvianum sebagai tanaman kesuburan sebagai hasil dari adanya keseimbangan hormon. Menurut Dr. Chacon (peneliti lepidium tersohor), Lepidium mengandung 4 senyawa alkoid biokimia yang merangsang otak dan organ reproduksi. Lepidium Peruvianum Chacon meningkatkan produksi hormon Luteinizing (LH) yang akan menghasilkan ovulasi sehingga kemampuan wanita untuk hamil akan meningkat. Sedang pada pria, studi memperlihatkan bahwa Lepidium Peruvianum dapat meningkatkan jumlah dan gerak sperma

21. Saya sedang mengkonsumsi Lepidium Peruvianum, dan sekarang hamil, apakah seharusnya saya meneruskan dosis harian Lepidium Peruvianum saya?

Jika anda mengkonsumsi Lepidium Peruvianum untuk tujuan kehamilan dan sebagai hasilnya anda sekarang hamil, ini menandakan bahwa keseimbangan hormon anda sudah tercapai, dan kini anda tinggal mengkonsumsi untuk tujuan pemeliharaan saja. Ini berarti anda tidak perlu menggunakan dosis dalam jumlah yang besar. Mulailah penurunan dosis secara perlahan, hingga anda mencapai dosis 2-3 kapsul perhari, atau 3 kali dalam seminggu. Bagaimanapun Lepidium Peruvianum tidak berpengaruh buruk pada bayi anda, karena ingat bahwa tanaman ini tidaklah mengandung hormon atau bahan tambahan makanan, maka disarankan carilah sumber Lepidium Peruvianum dalam bentuk yang organik, Lepidium Peruvianum justru memberikan suplemen kaya nutrisi seperti kalsium dan vitamin lain yang akan membantu tubuh anda menjadi lebih kuat dan tetap menjaga keseimbangan hormonal.

22. Apakah lepidium Peruvianum dapat membantu memperbaiki masalah rambut dan kulit

Pada orang yang menderita ketidakseimbangan hormon seringkali mempunyai masalah kesehatan rambut dan kulit. Beberapa gejalanya antara lain pada rambut ( rontok, kering, nampak tidak sehat dan pada kulit (kering, pucat, berjerawat). Pada kasus ini Lepidium Peruvianum bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit yang terakit dengan hormon yang tidak seimbang.

0 komentar:

Related Posts with Thumbnails

  © Free Blogger Templates Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP